Breaking News
Loading...

Post With Title

  • New Movies
  • Recent Games
  • Tech Review

Tab 1 Top Area

Technical Blog post

Tech News

Game Reviews

Recent Post

Rabu, 26 November 2014
Sikat Wajah biar Ganteng

Sikat Wajah biar Ganteng

Menyikat wajah? Nggak salah nih bro? Nggak bro. Hehehe. Akhir-akhir ini aku mulai menyikat wajah udah 3 bulan lebih. Sikat wajah atau face brush sudah menjadi tren skincare bro.

Menyikat wajah aku lakukan sebagai pengganti scrub. Kalau biasanya aku scrub pakai gula, sekarang aku ganti pakai sikat wajah bro! Alasan utamanya lebih praktis, nggak ribet dan ekonomis. Sekarang juga banyak yang jual sikat wajah. Mulai yang elektrik dan jutaan harganya sampai manual dan cuma ribuan doang.

Sikat Wajah - Face Brush
Sikat wajah tanpa merek
Aku pakai yang murah saja bro, kalau nggak salah harganya IDR 7.000 saja :D. Walaupun murah tetep harus pilih-pilih. Yang paling penting adalah rambut sikatnya tidak bikin sakit kulit. Caranya gampang, tinggal dijajal di kulit,bisa kulit punggung tangan atau pipi. Untuk cara pakainya juga mudah. Ada 2 metode yaitu metode kering dan basah. Disarankan menggunakan metode basah saja, karena mengurangi resiko iritasi. 

Metode basah sikat wajah
  1. Siapkan sabun di telapak tangan.
  2. Busakan sabun menggunakan sikat wajah. 
  3. Kemudian gosok wajah dengan gerakan memutar perlahan, Ingat jangan ditekan keras-keras cukup setengah mengambang.
  4. Lakukan secukupnya saja jangan sampai kulit iritasi.
  5. Bilas wajah sampai bersih
Menyikat wajah ini dilakukan maksimal 2 kali seminggu karena sangat keras. Fungsinya sama seperti scrub yaitu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori. Selain itu sebum-sebum yang bandel di hidung juga berkurang. Bagi yang berjerawat sebaiknya hindari menyikat wajah karena akan membuat jerawat meradang.

Kalau tidak dirawat, sikat wajah malah bisa memicu jerawat. Jika kotor maka sikat akan menjadi sarang bakteri. Makanya harus dirawat agar tetap bersih dan awet.

Cara merawat sikat wajah
  1. Sebelum digunakan cuci dengan sabun mandi dan bilas sampai bersih
  2. Setelah digunakan bilas sikat dan keringkan
  3. Simpan di tempat kering
  4. Cuci dengan air hangat dan alkohol setiap seminggu sekali
Buat yang malu beli sikat wajah, kalian bisa pakai sikat gigi bayi kok bro, rambut sikatnya malah lebih halus. Bagaimana mau mencoba?

Salam ganteng!

Selasa, 11 November 2014
Membuat Lotion Pemutih Super

Membuat Lotion Pemutih Super

Membuat lotion pemutih sendiri? Mengapa tidak? Ini adalah hasil eksperimenku dan hasilnya nggak mengecewakan, adiknya Mbak Pacar sampai bilang aku putihan. Hehehe. Mau tahu resepnya? Kalian hanya butuh body lotion dan vitamin B kompleks. Buat apa vitamin B-nya bro? Nah vitamin B ini yang jadi zat aktif pemutih kulit. Sebenarnya yang benar-benar teruji menjadi pemutih adalah vitamin B3 tapi vitamin B lainnya juga bagus buat kulit. Baca posting Manfaat Vitamin B untuk Kulit. :D

Body lotionnya yang digunakan apa bro? Terserah kalian, kalau bisa yang sudah mengandung Niacinamide atau derivat vitamin B3 sehingga powernya lebih nendang. Atau kalian punya body lotion tapi nggak ada kandungan pemutihnya? Bisa dipakai banget tuh. Aku sarankan body lotion yang wanginya sedikit kuat untuk menutupi bau vitamin B yang mirip obat.
 
Membuat lotion pemutih super dari Vitamin B IPI dan Citra Night Whitening
Vitamin B IPI dan Citra Night Whitening
Lotion yang aku gunakan adalah Citra Night Whitening dan vitamin B-nya adalah Vitamin B Kompleks IPI. Murah meriah. Barang lainnya yang kalian butuhkan adalah penumbuk, aku pakai palu. :D Wadah kosong juga optional. Jadi terserah kalian nanti lotionnya langsung dicampur dengan vitamin B di wadah aslinya atau diwadah baru sehingga akhirnya kita punya dua macam lotion.

Vitamin B ditumbuk halus
Vitamin B ditumbuk halus
Caranya mudah tinggal hancurkan vitamin B dan campur. Aku biasanya pakai takaran 1 butir vitamin B untuk 10 ml lotion. Kalian mau pakai takaran lain terserah. Kalau yang aku pernah baca konsentrasi efektifnya sekitar 2% tapi karena aku nggak pinter kimia jadi asal bikin saja. Setelah dicampur, kocok botolnya kuat-kuat. Mungkin bubuk vitamin B nggak bakal langsung tercampur rata. Kalian harus mengocoknya setiap hari, paling tidak 3 hari baru merata dan bubuk vitaminnya terlarut semua. Nggak harus sepanjang hari kok, tiap malem bentar sambil nonton TV kan bisa. Hehe. Oh iya kalau bisa semua proses dilakukan di tempat remang-remang ya agar bahan-bahan nggak rusak terkena sinar. Lotion yang sudah jadi akan berwarna kekuningan, tenang saja nggak bakal menodai pakaian kok. Kulit juga nggak bakal kekuningan seperti kena kunyit. Hehe.
 
Lotion pemutih super
Lotion pemutih super

Aku pakai lotion ini cuma tiap malam sebelum tidur saja karena baunya yang mirip obat sedikit mengganggu. Selain itu karena basenya adalah Citra Night Whitening Lotion yang nggak ada perlindungan terhadap sinar matahari. Mau coba?

Salam Ganteng

Minggu, 09 November 2014
Review Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam

Review Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam

Sudah coba Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam? Aku sudah nih. Kebetulan sabun Johnson's Baby Top To Toe Wash yang biasa aku pakai habis, selain itu aku  penasaran dan sudah lama tidak beli sabun khusus cowok. Termakan iklan hehehe

Nih penampakan sabunnya, wadahnya berbentuk botol pompa. Sepertinya cukup repot kalau dibawa pergi travel tapi tenang saja, pompanya bisa diamankan kok. Caranya ditekan kemudian diputar, nanti akan terkunci.
Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam
Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam
Kalau dilihat dari keterangannya, bahan aktifnya adalah
  1. Fuji Vulcanic Active (abu vulkanik gunung Fuji) yang fungsinya mengangkat minyak dan membersihkan pori-pori. Tapi kok aku baca-baca list bahan, tidak ada abu gunung Fuji ya. Aku curiga yang dimaksud  abu gunung Fuji adalah campuran maris sal (semacam garam laut mati) dan quatz (semacam kristal mineral) yang "mungkin" memberi manfaat seperti abu gunung Fuji. cmiiw
  2. WhitaTech, fungsinya memutihkan. WhitaTech ini adalah kombinasi dari licorice, vitamin C. dan asam salisilat.
  3. Carnitine. Berfungsi untuk mengendalikan minyak di wajah. Weh kok mirip komposisi L-Men Water ya? Hehe
  4. Hydra Force. Agar kulit selalu lembab. Kalau dilihat dari komposisinya, zat Hydra Force ini ekstrak rumpul laut (Fucus vesiculosus)glycerin dan teman-temannya.
Ingredient Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam
Ingredient Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam
Saatnya mencoba. Gampang banget dipompa keluar, cukup tekan perlahan karena teksturnya memang cenderung cair. Sedikit saja sudah cukup membersihkan. Pertama kali pompa aku kebanyakan karena terlalu bersemangat pencet hehe. Sabunnya berwarna kelabu seperti pasir halus gitu. Bau mentol yang khas sabun cowok tercium kuat. I love it.

Penampakan isi Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam
Penampakan isi Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam
Sabun itu aku busakan dulu di tangan baru usap di wajah. Anjrit mentolnya kerasa banget, walaupn nggak kena mata tapi uap mentolnya itu bikin mata pedih. Sensasi dingin juga sangat terasa seperti kalau kita kena menthol stick terus dibasahi air. Sesudah dibilas rasa dinginnya masih terasa. Cocok nih dipakai pas gerah sehabis olah raga atau pulang kerja.

Sesudah dikeringkan, terlihat sedikit cerah karena efek pantulan licorice mirip whitecast khas sabun wajah Nivea. Nggak bikin kulit kering. Kekuatan mengendalikan minyak? Mmm... bagaimana ya, sama aja ah kurang bisa mengendalikan kulit berminyakku. Hehe. Mungkin buat yang minyak kulitnya nggak ngucur kaya mukaku cocok nih pakai Nivea Men Fuji Ice Mud Facial Foam.

Mau coba? Salam ganteng!
Signature

Rabu, 05 November 2014
Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Memutihkan Kulit

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Memutihkan Kulit

Buat yang banci putih pasti pernah dong melakukan riset kecil-kecilan bahan pemutih kulit? Hehe. Pasti waktu riset, kalian nemuin Vitamin B sebagai bahan pemutih kulit. Vitamin B yang digadang-gadang sebagai pemutih kulit yang efektif adalah vitamin B3 atau Niacin atau Niacinamide atau Nicotinamide.

Coba cek ingredient lotion atau moizturizer kalian adakah vitamin B di dalamnya? Nih contohnya moizturizer dan lotion yang mengandung Vitamin B.
 
Ingredient Citra Night Whitening
Ingredient Citra Night Whitening
Ingredient Vaseline Healthy White
Ingredient Vaseline Healthy White
Ingredient Pond's Pinkish White
Ingredient Pond's Pinkish White
Sebenarnya masih banyak lagi contohnya sayangnya kebanyakan bungkusnya sudah ku buang. Hehe.

Fungsi vitamin B3 adalah memelihara kesehatan kulit bahkan bisa digunakan sebagai obat jerawat! Dan kabar bagusnya vitamin B3 saat diberikan secara topikal dapat memutihkan kulit. Selain vitamin B3, vitamin B lainnya juga sangat bagus untuk kulit seperti :
  1. B1 (Tiamin) : Berfungsi mirip antioksidan dan anti-aging
  2. B2 (Riboflavin) : Menjaga kelembapan kulit sehingga kulit menjadi bercahaya
  3. B3 (Niacin) : Mencerahkan kulit dengan cara menghambat pembentukan pigmen
  4. B5 (Asam Pantotenat) : Mengendalikan pembentukan minyak kulit sehingga bagus untuk kulit berjerawat
  5. B6 (Pyridoxin) : Mengurangi kemerahan akibat inflamasi kulit
  6. B12(Kobalalamin) : Dalam sebuah penelitian membantu pengobatan eksim

Nah selain dioles di kulit, nggak salah juga lho mengkonsumsi suplemen vitamin B kompleks. Karena selain bagus untuk kulit, vitamin B kompleks juga bagus untuk tubuh secara keseluruhan. Manfaat mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk tubuh :
  1. Membantu metabolisme tubuh sehingga bagus bagi mereka yang bermasalah dengan berat badan atau sedang membentuk otot
  2. Membantu memelihara syaraf dan mencegah kepikunan
  3. Membantu membentuk enenrgi dan mengurangi rasa pegal otot jadi yang suka olahraga atau pekerja keras sangat disarankan meminum vitamin B kompleks di pagi hari.
  4. Mengontrol kadar kolesterol
  5. Mencegah anemia bagus untuk ibu hamil dan perempuan menjelang menstruasi
  6. Membantu mengurangi kerontokan rambut
  7. Mengendalikan kerja hormon sehingga dapat menjaga mood
 Dosis harian vitamin B untuk laki-laki usia 20-59 tahun berdasar Angka Kecukupan Gizi
  1. B1 : 1,2 mg –10 mg
  2. B2 : 1,5 mg –10 mg
  3. B3 : 12 mg – 30 mg
  4. B5 : 3 mg – 15 mg
  5. B6 : 2 mg – 12 mg
  6. B12 : 0,012 mg – 0,1 mg
Dosis di atas adalah dosis minimal, untuk perempuan dosisnya tidak terlalu tepaut jauh kok. Waktu paling baik adalah pagi hari setelah sarapan. Hindari minum vitamin B kompleks sebelum tidur karena akan mengakibatkan susah tidur bro. Konsumsi suplemen dengan dosis kecil saja, karena pada dasarnya vitamin B kompleks sudah tercukupi apabila kita makan seimbang. Oh iya kalau mengambil suplemen perhatikan baik-baik aturan pakai karena kalau berlebihan kita malah akan keracunan. Bagi yang pertama kali mengkonsumsi vitamin jangan kaget urinnya bakal kuning, tenang saja karena warna yang sangat kuning tersebut berasal dari kelebihan vitamin B2 yang terbuang.

Selain vitamin-vitamin di atas, vitamin B jenis lain adalah biotin, folat, dan kolin yang juga memiliki manfaat keren buat tubuh.
  
Jadi vitamin B kompleks sangat bermanfaat bro. Baik dari luar maupun dalam tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks akan membuat kita cantik dan ganteng sekaligus tubuh jadi sehat dan kuat. Hehe.

Rekomendasi suplemen? Vitamin B merek IPI karena murah hanya Rp 4.500 saja dan dosisnya kecil sehingga nggak was-was bakal keracunan vitamin. Selain itu vitamin B IPI bisa digunakan untuk bikin lotion pemutih super sendiri. Nih kalau mau bikin caranya gamapang -> resep. Kekurangan vitamin B IPI yang komposisi bahannya sederhana, hanya mengandung 5 macam vitamin B.

Vitamin B Kompleks IPI
Vitamin B Kompleks IPI
Salam ganteng.

Minggu, 02 November 2014
Heat stroke dan Dehidrasi

Heat stroke dan Dehidrasi

Liburan Tahun Baru Jawa tahun ini antara menyenangkan dan menyebalkan. Menyenangkan karena dengan status hubungan LDR, aku cuma bisa ketemu Mbak Pacar 1-2 kali dalam sebulan. Syukur-syukur kalau ada hari libur. Nah menyebalkanya karena liburannya nggak maksimal.

Faktor pertama liburan nggak maksimal yang pertama adalah tertundanya berangkat. Awalnya mau berangkat hari jumat biar bisa lebih lama liburan, tapi karena Bapak dan Ibuk pergi ziarah ke Kediri pulang sabtu malam dan si Mas pasti juga bakal keluyuran. Nggak ada yang jaga rumah. Apalagi ini Cikley (Ciko-Marley) pasti nggak ada yang urus. Si Mas pasti nggak mau dititipin ngerawat anjing. Ya sudah, berangkatnya ditunda sabtu pagi.

Faktor kedua adalah heatstroke dan dehidrasi. Aku itu nggak tahan panas dan gampang dehidrasi. Walaupun menurut teori orang yang kulitnya item itu tahun panas, hal itu nggak berlaku deh. Malah sebenarnya orang item itu rentan kalau terkena panas, soalnya kulitnya lebih banyak menyerap panas! Hahaha. Aku yang berangkat dari rumah sekitar jam 9 ternyata salah perkiraan. Jalur pantura itu panasnya setengah mati. Bahkan aku sampai di Kudus langsung ngadem di depan kipas angin dan ngabisin air minum 4 gelas. Nggak hilang-hilang hausnya, badan juga lebih anget kaya demam gitu. Katanya panas di Semarang, Demak, dan Kudus saat itu antara 38-40 derajat Celsius. Wihhh..... mungkin masih saudaraan dengan Bekasi? Hehehe. Rupanya ngadem dan minum banyak air nggak begitu menolong, salah aku juga sih sepanjang perjalanan nggak istirahat buat minum jadi sudah terlanjur dehidrasi.

Efek dehidrasi dan heatsroke ini belum begitu aku rasakan sore harinya saat mulai apel jalan-jalan. Hehehe. Maklumlah sakit sedikit nggak dirasa kalau sudah ketemu Mbak Pacar. Sebenarnya memang kepala sudah agak berat dan badan lemes. Tetep saja nekad keliling kota Kudus. Nah efeknya mulai terasa sekitar jam 8 malem saat kita liat Annabelle. Kepala jadi nyutnyutan, kuping dan mata sensistif suara dan cahaya, badan lemes banget. Duh mampus nih kalau tepar di rumah cabamer (calon bakal mertua) hihihi. Mau pulang juga nggak berani, lemes banget rasanya. Buat pertolongan pertama aku langsung minta dibuatin teh anget dan minum panadol. Jangan ditiru ya! Hahaha. Setelah itu aku cuma bisa merem melek sepanjang film saking pusingnya. Pas obatnya sudah mulai bekerja, aku langsung pamit pulang. Hehehe.


Sampai rumah tante aku langsung minum air putih yang banyak dan tidur mumpung sepi. Karena tante yang di kudus mudik jadi aku yang jaga rumah sekalian. Paginya badan udah seger dan nih buktinya. Foto selfie gila habis pulang dari gereja. Hahaha.

selfie pulang gereja
Selfie pagi-pagi
Sepulang dari kudus aku cari info tentang heat stroke ini, ternyata berbahaya banget bisa menyebabkan kematian! Heatstroke adalah kombinasi dehidrasi dan serangan suhu panas sehingga tubuh gagal mendinginkan suhu. Ciri-cirinya : pusing, kehilangan kesimbangan, lemas, jantung deg-degan dan suhu tubuh tinggi. Kalau tidak segera ditangani bisa merusak otak dan ujungnya kematian. Wedew. Pertolongan pertamanya dengan cara mendinginkan tubuh pakai kipas angin atau mandi air dingin. Wah buat pencegahan botol minumnya harus dibawa terus nih.

Salam ganteng

Copyright © 2012 Bon A Voyage All Right Reserved
Designed by CBTblogger